Jumat, 26 Oktober 2012

Tugas ke 5 tambahan



Nama   : Adelia Riana Dewi
Npm    : 25209171
Kelas   : 4eb19

1.      PENGERTIAN ETIKA
A.    Etika (Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan") adalah cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.
B.     Etika berasal dari bahasa latin, Etica yang berarti falsafah moral dan merupakan pedoman cara hidup yang benar dilihat dari sudut pandang budaya, susila dan agama. Etika berasal dari bahasa Yunani yaitu Ethos yang berarti kebiasaan, watak.
C.     Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah “Ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin, yaitu “Mos” dan dalam bentuk jamaknya “Mores”, yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk.
D.    Menurut Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat. Etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.
Pencetus Etika yaitu Aristoteles, Emanuel Kant, G. W. F. Hegel.

2.      Hedoisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Dan Egoisme adalah cara untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang menguntungkan bagi dirinya sendiri, dan umumnya memiliki pendapat untuk meningkatkan citra pribadi seseorang dan pentingnya - intelektual, fisik, sosial dan lainnya. Jadi menurut saya hedoisme ini lebih memetingkan dirinya sendiri dan tidak peduli dengan orang sekitarnya karena bersenang-senang adalah tujuan hidup bagi dirinya entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak. sedangkan Egoisme dia masih ada rasa peduli dengan orang lain walaupun dia mengambil keuntungan buat diri sendiri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar