Sabtu, 12 Januari 2013

tugas



NAMA  : Adelia Riana Dewi
Kelas     : 4EB19
Npm      : 25209171
TUGAS
MULYA LUBIS DI BERHENTIKAN
1.       Apakah menurut anda MKD DKI Jakarta telah mengambil keputusan yang tepat dan adil?
Menurut saya Majelis Kehormatan Daerah sangat tepat dalam mengambil keputusan karena Todung Mulya Lubis telah melanggar kode etik yang merugikan orang lain.
2.       Apakah menurut anda reaksi Todung Mulya Lubis di media massa dalam menanggapi keputusan majelis adalah wajar dan dapat dibenarkan?
Menurut saya sebenarnya reaksi Todung Mulya Lubis dalam menanggapi keputusan majelis merupakan hal yang wajar karena menurut pemikiran Todung Mulya Lubis bertentangan  dengan semua logika rasional  dan bisa dibenarkan tapi sesuai aturan hukum dia telah melanggar pasal 4j dan pasal 3b Kode Etik Advokad Indonesia.
3.       Bagaimana pendapat anda atas peryataan Todung yang merasa bahwa dirinya tidak melanggar kode etik advokad?
Menurut saya dia telah melakukan kesalahan besar bukan hanya melanggar kode etik tapi dia juga telah berbohong yang menyatakan tidak melanggar kode etik advokad yang faktanya telah melanggar larangan konflik kepentingan dan lebih mengeepankan materi dalam menjalankan profesi disbanding dengan penegakan hokum, kebenaran dan keadilan.

Jelaskan pendapat anda apakah kejadian-keajadian berikut ini melanggar kode etik atau tidak!
a.       Ketua BPK RI, Sebagaimana dikutip media massa, beberapa kali mengatakan bahwa KAP megeluarkan laporan yang tidak bisa dipercaya alias” tukang rekayasa”
Pendapat saya KAP sudah melanggar kode etik dikarenakan sudah merekayasa laporan keuangan.
b.      Sebuah KAP di depan kantornya memasang papan nama berukuran 5x5 m
Pendapat saya ini termaksud melanggar kode etik karena telah memasang papan yang berukuran cukup panjang yang dapat menganggu orang lain.
c.       Sebuah KAP memasang iklan dalam rangka ulang tahunnya yang antara lain menyebutkan KAP tersebut adalah”the best public accounting firms during 50 years” dan mengundang perusahaan-perusahaan yang berminat untuk mengikuti seminar sehari gratis yang diadakan KAP Tersebut disebuah hotel bintang 5.
Menurut saya hal ini tidak melanggar kode etik karena sama sekali tidak merugikan orang lain dan bagus melakukan ulang tahun dengan mengadakan seminar.
d.      Dalam rangka memperoleh klien, sebuah KAP mengadakan kerja sama dengan sebuah bank pemerintah, salah satu pointnya akan memberikan komisi 25% untuk setiap klien yang diberikan pihak lain.
Menurut saya hal ini sama sekali tidak melanggar kode etik, malah KAP melakukan kerjasa sama dengan sebuah bank pemerintah agar mendapat klien.
e.      Untuk mencari klien, sebuah KAP menggunakan agen pemasaran atas dasar commission fee. Selain itu, melakukan door-to-door activities, yaitu memasukkan surat penawaran jasa audit KAP-nya ke kantor-kantor di jalan sudirman dan thamrin.
Jawab: Dari kalimat di atas menunjukkan bahwa KAP menggunakan agen pemasaran untuk mencari klien itu hal yang sangat wajar dan sama sekali tidak melanggar kode etik.
f.        KAP XYZ mengaudit PT ABC untuk tahun buku 2005. Untuk periode yang sama, KAP XYZ diminta memberi jasa konsultasi pajak.
Menurut saya kalimat yang di atas tidak melanggar kode etik malah KAP XYZ mengaudit pt abc untuk tahun 2005 agar laporan tahun 2005 benar dan tidak bisa direkayasa.
g.       Partner KAP membeli kendaraan di sebuah show room yang menjadi kliennya dan memperoleh diskon 30%
Menurut saya dalam membeli kendaraan di perbolehkan mendapatkan diskon tapi tidak boleh melebih 10% atau 15% itu sudah menunjukkan melanggar kode etik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar